Thursday 2 June 2016

OBYEK DAN KOMPOSISI

PANDUAN FOTOGRAFI UNTUK PEMULA

OBYEK DAN KOMPOSISI

Kita sudah mengenal jenis-jenis kamera dan pencahayaan untuk menghasilkan sebuah foto yang berkualitas.
Saatnya kita mengenal bahan atau bumbu apa saja yang bisa diolah menjadi masakan dan mengkombinasinya untuk mendapatkan variasi masakan yang lebih banyaklagi.
Bahan yang dimaksud disini berarti obyek yang akan kita foto.
Segala sesuatu di sekitar kita bisa menjadi obyek foto.
Mulai dari buku, pensil, hp, gelas, sendok, interior rumah, furniture, bangunan, pohon, binatang, sepeda, mobil, bunga, buah, laut, seseorang, sekelompok orang, keramaian, atau yang bersifat kejadian seperti ulang tahun, pernikahan, kecelakaan, dan peristiwa lainnya.
Buatlah daftar sebanyak-banyaknya obyek apapun yang terlintas di pikiran anda.
Latihlah mata anda untuk pekadengan benda atau peristiwa apapun di sekitar anda, karena semakin banyak obyek yang bisa anda pikirkan, semakin banyak kreasi foto yang bisa anda hasilkan.

BUMBU

Bumbu adalah inti masakan.Bumbu adalah pencipta rasa.
Karena itu, dibutuhkan kepekaan untuk mengira-ira berapa sendok gula, atau garam atau berapa siung bawang merah atau bawang putih, yang dibutuhkan untuk untuk mengolah suatu masakan.
Maka bumbu adalah komposisi. Yaitu, tentang apa saja yang dibutuhkan untuk menciptakan rasa dari suatu masakan, seberapa banyak itu diperlukan, dan bagaimana itu dikombinasikan untuk mendapatkan rasa yang sempurna.
Komposisi dalam fotografi adalah sudut pemotretan, warna, pola, garis, bingkai, latar belakang, latar depan, unsur refleksi, bahkan juga efek dari cahaya terhadap obyek yang telah juga dibahas sebelumnya.

-WARNA
Menjadi unsur yang terpenting dalam fotografi, karena warna adalah modal membangun mood sebuah foto.
-POLA
Adalah segala sesuatu yang tersusun, terbentuk, atau tergerak berdasarkan suatu aturan tertentu. Misalnya lilin-lilin yang disusun berjajar, pola dalam corak batik, keyboard komputer, jalur yang dilalui koloni semut, dan sebagainya.
-Garis
Bisa berupa garis lurus vertikal, horizontal, diagonal atau garis melengkung. Unsur garis memberi kesan tegas dan kuat pada mood foto.
-FOTO BINGKAI
Adalah foto yang diambil seolah-olah mengintip dari sebuah lubang, celah, atau jendela, sehingga dalam frame foto akan membentuk bingkai.
-LATAR BELAKANG DAN LATAR DEPAN
Dan jika kita bicara tentang latar belakang (background) dan latar depan (foreground), sebaiknya apa yang menjadi BG dan FG tersebut mendukung mood dan suasana terhadap obyek.
Usahakan pula BG dan FG tidak terlalu dominan atau mencolok mengalahkan obyek yang menjadi titik fokus foto.
-REFLEKSI
Sedangkan unsur refleksi adalah bayangan yang dipantulkan atau direfleksikan dari obyek.
Unsur refleksi ini tercipta melalui media air, kaca, cermin, dan segala sesuatu yang mempunyai efek cermin.


TIPS!!!
Untuk memotret benda-benda yang memantulkan cahaya, usahakan tidak menggunakan lampu flash, karena cahaya dari lampu flash akan dipantulkan kembali oleh obyek.
Jika lampu flash harus digunakan, sebaiknya anda memotret dari samping obyek, untuk memnghindari pantulan cahaya.
Pengambilan cahaya dari arah samping juga berguna untuk menghindari pantulan diri kita sendiri pada obyek.
BACA JUGA!!!
pencahayaan

No comments:

Post a Comment